SWAG Adalah..


Istilah SWAG sebenernya udah lama muncul, bukan baru-baru ini doang. Pada jaman Bang Amar masih SD, lebih tepatnya jaman orde baru - jaman dimana kalo alm. KH. Zainuddin MZ mulai ceramah kita langsung nyari buku harian puasa, istilah SWAG udah dikenal, bahkan nyampe ke daerah perbatasan antara kampung manusia sama komplek kuntilanak.

Maknanya? 
SWAG.. Bukan merujuk pada gegayaan pake pakean ala hippies + ngangkang ala pop culture yang ngikutin kaum urban jaman sekarang, istilah SWAG yang dikenal pas jaman itu berorientasi pada ketersediaan beras. Iya, beras! Kalo kita nggak sanggup bayar uang SPP sekolah, kita bayar pake beras.. Inget kan? - anjaaayy! Nggak gitu juga kalih..!

SWAG yang terkenal saat itu, secara konotasi adalah SWAGsembada Pangan.

SWAGsembada Pangan.. Istilah yang kalo pas ada acara kelompencapir, Pak Harto suka nyebutin berulang-ulang. Berulang-ulang. Berulang-ulang. Berulang-ulang. Berulang-ulang.

Kalian yang lahir taun 93 ke atas, mending diem aja..! Ini urusan anak-anak yang lahirnya sewaktu chanel tv baru ada satu.

SWAGsembada Pangan? 
Ya..! Maksudnya kemampuan memenuhi kebutuhan pangan untuk menuhin pendaringan sendiri, tanpa ngedatengin dari negara lain.

Gituh! 

No comments:

Post a Comment